Cari Blog Ini

Kamis, 01 Desember 2011

Kapolri: HUT OPM Hari Ini Terkendali

Peringatan hari jadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) ke-50 diwarnai insiden pemasangan bendera bintang kejora di Papua. Polri menilai situasi hingga sore hari ini kondusif dan terkendali.

"Secara umum hingga pukul 17.30 WIT, situasi masih terkendali," ujar Kapolri Jenderal Timur Pradopo usai rapat di kantor Menkopolhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarata, Kamis (1/12/2011).

Kapolri menyebut ada tiga peristiwa pengibaran bendera bintang kejora di Papua hari ini. Namun petugas kepolisian dibantu dengan TNI berhasil mengendalikan situasi sehingga menjadi kondusif.

"Masyarakat bisa menjalankan kegiatan masing-masing. Polisi dibantu Pemda dan TNI melakukan pengamanan," jelasnya.

Terkait kejadian di Jayapura tadi pagi, Kapolri menuturkan peristiwa tersebut terjadi pukul 00.00 WIT. Dua anggota polisi mengecek informasi bahwa ada penaikan bendera bintang kejora di Kampung Berap, Distrik Nimbokrang Sentani, Jayapura.

"Tapi sebelum ke TKP, sudah dicegat oleh 15 orang. Satu anggota kita berhasil melarikan diri, 1 lagi ditangkap oleh gerombolan itu, tapi bisa kita bebaskan. Dia mengalami luka pada kaki kena panah," jelasnya.

Peristiwa selanjutnya, lanjut Kapolri, pada pukul 13.00 WIT, di Timika ada 4.000 orang yang melakukan unjuk rasa. Salah satu kelompok sempat mengibarkan bendera bintang kejora.

"Kita ingatkan, lalu kita lakukan penangkapan. Ada 4 orang diperiksa dan kita geledah," paparnya.

Di Bandara Wamena, Jayawijaya, Kapolri juga menyebut ada pengibaran bendera bintang kejora. "Tapi berhasil disita. Pelaku melarikan diri," ungkapnya.

Sementara itu Menko Polhukam Djoko Suyanto mengatakan yang harus ditonjolkan adalah masyarakat hari ini bisa melaksanakan aktifitas dengan baik. Padahal sebelumnya ada isu-isu sweeping, toko tutup dan sebagainya.

"Tapi itu tidak dilaksanakan. Masyarakat sudah baik menghadapi isu seperti ini," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar